Tips Merawat Karpet Masjid

Tips Merawat Karpet Masjid Agar Tidak Cepat Rusak

Karpet masjid selalu digunakan untuk aktivitas ibadah oleh jamaah setiap hari, makanya karpet ini mudah sekali kotor jika dibandingkan dengan karpet yang biasa digunakan di rumah. Pada umumnya, karpet masjid akan kotor karena debu, tapi tidak menutup kemungkinan kalau karpet juga bisa ketumpahan air ataupun terkena noda makanan.

Tips Merawat Karpet Masjid

Agar karpet masjid bisa bertahan lama dan tidak cepat rusak, Anda harus merawatnya dengan benar, terutama pada proses pencuciannya, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mencuci karpet diantaranya,

1. Hilangkan debu yang menempel

Biasanya karpet masjid kotor karena debu yang terjebak di serat karpet, untuk itu sebelum karpet dicuci menggunakan air, debu perlu dibersihkan dulu menggunakan vacuum cleaner. Jangan sampai karpet yang masih berdebu terkena air, karena akan lebih sulit untuk membersihkannya.

2. Posisikan karpet menggantung

Karena ukuran karpet cukup panjang, Anda perlu pagar besi atau jemuran khusus saat mencuci karpet, posisikan karpet menggantung pada pagar tersebut agar permukaan karpet bisa dibersihkan dengan optimal.

3. Semprot dengan air bertekanan

Membersihkan karpet tidak bisa hanya mengandalkan siraman atau guyuran air saja. Anda perlu menggunakan mesin semprot yang mengeluarkan air bertekanan tinggi. Sehingga semua kotoran yang menempel pada karpet baik serangga atau kotoran cicak bisa mengalir bersama air.

4. Gunakan sabun khusus

Satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa saat mencuci karpet jangan gunakan sabun colek atau detergen apalagi yang mengandung bahan kimia keras, karena bisa merusak kualitas serat karpet dan membuat warna karpet menjadi kusam. Lebih baik gunakan pembersih khusus yang memang digunakan untuk mencuci karpet, atau gunakan sabun yang terbuat dari bahan alami.

Baca Juga  Solusi Jasa Obras Karpet Masjid Terdekat Gak Pakai Ribet!

5. Gosok menggunakan sikat halus

Agar karpet bisa dibersihkan dengan baik, Anda perlu menggunakan sikat yang bulunya halus untuk menggosok permukaan karpet, tapi hindari menggosok bagian tepi karpet karena bisa rusak.

6. Jemur di tempat yang teduh

Saat penjemuran, Anda perlu menjemur karpet di tempat yang teduh, jangan di bawah sinar matahari langsung karena bisa memudarkan warna karpet dan merusak kualitas seratnya.

7. Gunakan baking soda untuk menghilangkan bau

Oleh karena pengeringan karpet dilakukan di tempat teduh, biasanya akan muncul bau pada karpet tersebut. Untuk mengatasinya Anda bisa menaburkan secara merata baking soda secukupnya ke permukaan karpet. Tunggu 30-45 menit, setelah itu bersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Itulah beberapa tips merawat karpet masjid yang perlu Anda terapkan agar karpet bisa bersih dan tidak mudah rusak. Jika Anda sedang mencari jasa obras karpet masjid yang hasilnya memuaskan langsung saja order ke WA 0812 9518 8008. Tentunya Anda tidak perlu khawatir dengan harganya karena sangat terjangkau.

Leave a Reply